Paolus Hadi: Ingat! Kadis Wajib Dukung Kebijakan Pemkab -->
Cari Berita

Paolus Hadi: Ingat! Kadis Wajib Dukung Kebijakan Pemkab

06 January, 2018

Kelima Pejabat Baru Yang Diambil Sumpahnya Diaula Kantor Bupati Sanggau Jumat (5/1/2108)
SANGGAU SeputarKapuas.com, Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si ketika melantik lima pejabat eselon II.B diruang rapat lantai satu kantor Bupati Sanggau, pada jumat (5/1/2018) siang, minta seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dukung kebijakan program kerja pemerintah daerah, bekerja dengan hati wujudkan pembangunan kabupaten sanggau kearah yang lebih baik dan lebih maju lagi.

Adapun pejabat eselon II.B yang dilantik tersebut diantaranya: Ignatius Iriyanto,S.Sos,M.Si menduduki jabatan staf ahli Bupati Sanggau bidang pembangunan, ekonomi dan keuangan. Selanjutnya, Joni Irwanto,S.IP menduduki jabatan asisten administrasi umum sekretariat daerah kabupaten sanggau. berikutnya, Sudarsono, S.AP menempati jabatan sebagai kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten sanggau. kemudian, Syarif Ibnu Marwan,S.H,M.Si dilantik sebagai kepala dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro kabupaten sanggau. dan Ir.Rodie Sanen, M.Si menduduki jabatan kepala dinas perumahan, cipta karya, tata ruang dan pertanahan kabupaten sanggau.

Lebih lanjut, Bupati Sanggau menjelaskan sebagaimana dimaklumi bahwa dengan berlakunya undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS serta berpedoman pada peraturan menteri pendayagunaan aparatur dan reformasi birokrasi nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah, maka ada mekanisme progresif yang wajib dipatuhi untuk proses pengisian melalui promosi jabatan pimpinan tinggi pratama (Eselon II.B) yaitu melalui proses seleksi secara terbuka dan kompetitif yang dilakukan oleh panitia seleksi.

Oleh karenanya, pejabat pimpinan tinggi pratama (Eselon II.B) yang dilantik pada hari ini, tentunya telah memenuhi persyaratan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan serta integritas dan moralitas yang baik, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa pejabat eselon II.B mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam struktur organisasi pemerintah karena merupakan jabatan dalam mengoperasionalkan dan merealisasikan kebijakan maupun program yang telah ditetapkan dalam target kinerja pemerintah daerah. selain itu, haruslah memahami pengelolaan keuangan serta mampu membangun komunikasi, kerjasama dan sinergi dengan berbagai institusi atau lembaga termasuk dengan masyarakat.

Oleh karena itu, setiap pejabat hendaknya memiliki wawasan yang luas, mempunyai konsep inovasi yang cepat dan tepat serta siap membantu pimpinan dalam merumuskan maupun melaksanakan kebijakan tersebut, maka inilah yang dimaknai sebagai kompetensi pemerintah.

Berikutnya, Pada tahun 2018 ini akan ditandai juga dengan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah serentak, termasuk Kabupaten Sanggau dan Provinsi Kalimantan Barat. Untuk itu, selalu kepala daerah menghapkan peran kita semua untuk senantiasa menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban, minimal di lingkungan kita masing-masing serta selalu menjalin komunikasi, kebersamaan, kekompakan persatuan dan kesatuan diantara kita agar selalu tercipta suasana persaudaraan yang utuh dan kuat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. hal demikian untuk mengingatkan bahwa salah satu fungsi aparatur sipil negara sebagai perekat dan pemersatu bangsa, pintanya.

Lebih lanjut, berdasarkan surat nomor 821.22/9425/SJ tanggal 28 desember 2017 yang merupakan persetujuan menteri dalam negeri, maka hal inilah Bupati Sanggau mempunyai kewenangan untuk melaksanakan pelantikan 5 pejabat pimpinan tinggi pratama eselon II.B pada hari ini dan tentu tidak menyalahi aturan yang ada karena sudah sesuai ketentuan yang berlaku.

Kemudian, pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. pembenahan dan pemanfaatan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal. Selamat kepada para pejabat eselon II.B yang telah dilantik, selamat bekerja dan hendaknya dapat memfokuskan tenaga, perhatian dan pikiran pada proses penataan, perbaikan dan produktivitas kinerja sesuai dengan tuntutan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.


Penulis : Sukardi DISKOMINFO Sanggau