Mantan Sekda Sekadau Sebut Sekda Baru Zakaria Umar Miliki Banyak Pengalaman -->
Cari Berita

Mantan Sekda Sekadau Sebut Sekda Baru Zakaria Umar Miliki Banyak Pengalaman

04 January, 2018

Yohanes Jhon Mantan Sekda Sekadau Dan Zakaria Umar Sekda Sekadau
SEKADAU SeputarKapuas.com, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau resmi dijabat Zakaria Umar. Sebelum menempati jabatan Sekda, Zakaria Umar menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah Kabupaten Sekadau. Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, Zakaria Umar dinilai mampu melaksanakan tugasnya sebagai Sekda.

Hal ini Diungkapkan Yohanes Jhon, tokoh masyarakat yang juga pernah menjabat sebagai Sekda Kabupaten Sekadau. Jhon optimis jika Sekda yang baru memiliki potensi yang baik dalam melaksanakan tugasnya. Terlebih, dengan banyaknya pengalaman yang dimilikinya.

“Perencanaan merupakan dasar dan fondasi awal bagaimana menuju kemajuan suatu daerah. Tanpa perencanaan yang matang mustahil daerah dapat terbangun dengan baik,” ujarnya, Kamis (4/12).

Apalagi, kata Jhon, Zakaria Umar pernah menjabat sebagai Sekretaris Bappeda dan sebelumnya menjadi kepala bidang pada instansi tersebut. Menurutnya, dengan pengalaman Sekda yang baru tersebut sudah sangat banyak.

“Sekda otomatis ketua tim pengelola keuangan daerah. Tentu tahu strategi apa yang digunakan dalam melaksanakan tugas serta menggali potensi daerah,” ucapnya.

Sebagai pemimpin, Zakaria Umar dinilai mampu mengayomi dan membimbing bawahannya. Sepak terjangnya pada awal karirnya menjadi pegawai negeri sipil, Zakaria pernah menjadi petugas KB juga dinilai mampu membina hubungan baik dengan masyarakat.

“Saya optimis Sekda ini memiliki potensi yang baik dalam rangka melaksanakan tugasnya,” yakin Jhon.

Sementara itu, Zakaria Umar, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau mengatakan, jabatan tersebut merupakan tugas yang diamanahkan kepala daerah. Adapun tugasnya, kata dia, yaitu membantu kepala daerah.

“Menyusun kebijakan daerah, tupoksinya di Bappeda tapi kami juga selaku koordinator menyusun kebijakan daerah terutama dalam meningkatkan pelayanan publik, menyiapkan data yang valid dan mengurangi ketidakpuasan stakeholder,” jelasnya.

Zakaria mengatakan, Sekda juga mengkoordinasikan administrasi pelaksanaan SKPD. Sehingga, setiap SKPD bisa sejalan dalam rangka mencapai visi dan misi kepala daerah.
“Memantau dan mengevaluasi secara berkala yang dilakukan secara dini. Nanti bisa diketahui kendala dan masalah, agar bisa dicarikan solusinya,” ungkapnya.

Selain itu, kata Zakaria, Sekda juga menjalankan tugas pelayanan administrasi semua SKPD. Kemudian, melaskanakan perintah yang diberikan kepala dan wakil kepala daerah. “Itu tugas utama sekretaris daerah dalam rangka mencai visi misi Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing,” pungkasnya.

Penulis  :  Adi