Warga Keluhkan Layanan BPN Sanggau Bobrok, Buat Satu Sertifikat Sampai Empat Tahun -->
Cari Berita

Warga Keluhkan Layanan BPN Sanggau Bobrok, Buat Satu Sertifikat Sampai Empat Tahun

07 March, 2018

Salah Satu Bukti Pengajuan Sertifikat Warga Sanggau Yang Dimohonkan Pada 2014 lalu hingga kini belum jelas prosesnya.


Laporan Wartawan SeputarKapuas, Adi

SANGGAU SeputarKapuas.com, Pelayanan bobrok tak sesuai dengan yang tertera di papan standar operasional layanan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sanggau membuat banyak kalangan kesal dan marah.

Betapa tidak, untuk mendapatkan satu sertifikat baru saja membutuhkan waktu paling tidak satu tahun paling singkat waktu yang dibutuhkan.

Contohnya saja, Dadang (Nama Samaran) yang pada juni 2017 lalu mengajukan permohonan pembuatan sertifikat baru  dan hingga kini belum jelas arahnya dan sampai dimana prosesnya.

Senada dengan Dadang, Salah satu warga Sanggu yang enggan namanya ditulis juga mengeluhkan lamanya proses pengurusan sertifikat yang diajukan 2014 lalu.

Kelemahan pelayanan yang dimiliki BPN menurut kedua warga Sanggau tersebut yakni, tidak jelasnya waktu pemrosesan berkas setelah pengukuran, alur berkas, serta waktu baku penerbitan sertifikat.

Dihubungi terpisah, Anggota DPRD Sanggau Akmal terkait dengan lamanya proses pengurusan sertikat di BPN Sanggau yang sudah menjadi penyakit akut di instansi pelayanan publik seperti BPN.

"Saya sudah banyak mendapat laporan dari warga yang mengeluhkan hal yang sama, celakanya saya juga ada urusan di BPN dan hingga kini belum jelas," Ungkap Akmal dengan nada kesal saat dihubungi.

Dijelaskan Akmal, pembenahan total harus dilakukan BPN Sanggau agar masyarakat dapat memperoleh sertifikat tanpa harus "makan hati" baru jadi, Kesal Akmal.

Dilanjutkan Politisi Muda berdarah Padang ini, BPN Sanggau juga harus membasmi  oknun-oknum yang berotak KKN penyebab macetnya layanan tersebut, Pungkasnya.