Sikapi Baliho Peryataan Sikap Di Simpang PT. TBS Kembayan, Lintas Pengurus Adat Kembayan Gelar Pertemuan -->
Cari Berita

Sikapi Baliho Peryataan Sikap Di Simpang PT. TBS Kembayan, Lintas Pengurus Adat Kembayan Gelar Pertemuan

26 April, 2018

Laporan Wartawan seputarkapuas, Adi

SANGGAU seputarkapuas.com, Menyikapi munculnya baliho peryataan sikap yang dibuat beberapa  temenggung dan Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kecamatan Kembayan beberapa waktu lalu dalam rangka merespon dibentuknya  Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Sanggau terhadap PT.Tayan Bukit Sawit Kembayan, Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kembayan menginisiasi pertemuan lintas lembaga adat di gedung pertemuan umum Bunuo Sompe Kembayan pada Selasa (24/04) lalu.

Pertemuan ini dilakukan oleh Forum bersama pengurus adat untuk meluruskan pandangan terhadap kehadiran Pansus DPRD dan pernyataan kelompok yang mengatasnamakan Temenggung serta MABM beberpa waktu lalu.

"Jadi kemarin saya sebagai Ketua DAD merasa perlu menginisiasi pertemuan bersama sejumlah pemangku adat di Kembayan," Ungkap Yosef Andi.

Dijelaskan Yosef Andi, Pertemuan tersebut sekaligus membahas berbagai persoalan termasuk masalah dipansuskannya PT. TBS Kembayan serta baliho peryataan sikap oknum yang mengatasnamakan Forum Temenggung dan pengurus adat, kata Yosef.

Lebih jauh Yosef Andi mengatakan, pada prinsipnya DAD, MAMB dan para Temenggung sepakat untuk membantu           
Tim Pansus DPRD supaya penerapan aturan untuk PT.TBS bisa dilaksanakan dengan baik, Pungkasnya.

Berikut Hasil Kesepakatan yang tertuang dalam sebuah peryataan bersama
1. Bahwa Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kembayan tidak pernah membentuk Forum Bersama Temenggung Masyarakat Dayak untuk menyikapi PANSUS DPRD Kabupaten Sanggau terkait PT. Tayan Bukit Sawit (TBS).

2. Bahwa butir 5  sebagaimana tertera di Baliho merupakan aspirasi sekelompok orang, bukanlah representasi Masyarakat Adat Dayak Kecamatan Kembayan.

3. Dewan Adat Budaya Melayu (MABM) beserta Temenggung Masyarakat Dayak dan Pemangku Adat Melayu Kecamatan Kembayan mempersilakan/menyambut baik kehadiran Pansus DPRD Kabupaten Sanggau terkait dengan PT. TBS, untuk bekerja sesuai wewenang, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) menurut Ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

4. Bahwa Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kecamatan Kembayan beserta jajaran yang hadir dalam forum ini menyadari telah keliru dalam bersikap seperti bunyi butir 5  yang tertera di Baliho.