Bangkrut! PT.SBI Tak Mampu Bayar TBS Petani Tayan Hilir-Meliau Senilai Rp 41 Milyar -->
Cari Berita

Bangkrut! PT.SBI Tak Mampu Bayar TBS Petani Tayan Hilir-Meliau Senilai Rp 41 Milyar

03 September, 2018

Laporan Wartawan seputarkapuas, Adi

SANGGAU seputarkapuas.com,
Puluhan Perwakilan petani plasma dibawah naungan PT SBI (Tayan Hilir-Meliau) kembali menggelar audiensi bersama Pemkab Sanggau dan Owner PT SBI serta manajemen perusahaan di aula kantor Bupati Sanggau, Senin (3/9/2018).

Rapat di pimpin Ketua Tim Pembinaan Pembangunan, Perkebunan, Pertanian Pertambangan dan Kehutanan (TP5K) Sanggau, H Rony Fauzan dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau, P Sihotang dan dihadiri Owner PT SBI Mr Bilal H didampingi beberapa manajemen perusahaan, dan instansi terkait.

Perwakilan sekaligus juru bicara Petani PT SBI, Yanto (41) menyampaikan, persoalan antara petani plasma dengan PT SBI, karena belum dibayarnya harga Tandan Buah Segar (TBS) petani dari Januari sampai April 2018.

Dari 5 koperasi yang bermitra dengan PT SBI kurang 3.068 petani yang harus dibayar dengan total Rp 41 miliar. Kami minta sebelum take over hak petani dibayar dulu, ” tegasnya, Senin (3/9).

Yanto menegaskan, pihak perusahaan mengaku pailit dan akan menjual seluruh asetnya kepada investor.
“Kami sudah delapan kali rapat dan tidak ada hasil. Investor tidak pernah mau datang kalau rapat. Dan kami sangat berharap Bupati yang hadir rapat selanjutnya, ” harapnya.

Kendati begitu, ia mengaku, kerap dijanjikan perusahaan bahwa mereka akan membayar hak petani sesuai dengan nilai yang tertera diatas.
“Kalau janji sudah sering, bahkan kami pernah menerima cek kosong dari perusahaan, ” tuturnya.

Yanto menambahkan, rapat selanjutnya akan digelar tanggal 13 September 2018. dan pihak perusahaan akan menghadirkam investor yang akan membeli perusahaan tersebut.