Heboh! 15 Orang Adu Cepat Menangkap Babi Di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sanggau -->
Cari Berita

Heboh! 15 Orang Adu Cepat Menangkap Babi Di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sanggau

08 July, 2019

SANGGAU seputarkapuas.com,
Untuk memeriahkan acara gawai nosu minu podi ke 15 dikabupaten Sanggau, panitia pelaksana memperlombakan sejumlah cabang lomba untuk mengisi acara termasuk lomba menagkap babi.

Perlombaan ketangkasan menangkap babi menjadi perlombaan tradisional paling menghebohkan di gawai dayak nosu minu podi kabupaten sanggau yang ke 15 tahun 2019.

Hal tersebut terlihat dari besarnya antusias masyarakat umum untuk melihat secara langsung hebohnya perlombaan menangkap babi yang dilakukan sejumlah peserta dari berbagai kecamatan dikabupaten sanggau.

"Setiap tahun sejumlah perlombaan terutama kegiatan yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat suku dayak kita lakukan, termasuk menangkap babi," Ungkap Wakil ketua panitia Gawai Kabupaten sanggau ke 15 Siron.

Hal itu menurut Siron, dilakukan DAD sebagai upaya melestarikan adat istiadat agar tidak hilang ditelan jaman, sekaligus memberi pengetahuan kepada generasi muda bangsa dayak untuk mengenal dan mencintai budayanya.

Dengan dilombakannya sejumlah permainan tradisional khas suku dayak di kabupaten sanggau diharapkan generasi muda terutama generasi vangsa dayak bisa mencintai dan melestarikan kebudayaan dayak diera globalisai saat ini.

Laporan : Adi Noyan
Editor     : Lobun Hartanto