Kasus Gigitan Hewan Rabies Di Sanggau Masih Tinggi, Hingga Agustus Lima Nyawa Melayang -->
Cari Berita

Kasus Gigitan Hewan Rabies Di Sanggau Masih Tinggi, Hingga Agustus Lima Nyawa Melayang

14 August, 2019

SANGGAU seputarkapuas.com,
Pasca dicabutnya status kejadian luar biasa penanganan kasus gigitan hewan penularan virus rabies yang menyerang kabupaten sanggau tiga tahun lalu, hingga kini masih menjadi momok menakutkan bagi warga sanggau.

Hal ini terbukti dari data dinas kesehatan kabupaten sanggau yang menerima laporan dari Januari Hingga Agustus tercatat sebanyak 852 gigitan hewan penularan rabies dengan 5 orang diantaranya meninggal dunia.

"Data kita mencatat hingga agustus ini terdapat 852 laporan gigitan hewan penularan rabies dengan lima orang diantaranya meninggal dunia," Ungkap Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Sarimin Sitepu Didinkes Sanggau Rabu Pagi (14/8).

Sarimin menjelaskan, Laporan tersebut dihimpun dari berbagai puskesmas dikabupaten sanggau dan sudah ditangani pihak puskesmas dengan memberi vaksinasi sesuain dengan dosis yang diperlukan oleh korban gigitan.

Sarimin menghimbau, bagi masyarakat kabupaten sanggau yang menjadi korban gigitan tiga hewan utama penular rabies yakni anjing,kelinci dan moyet untuk segera melakukan vaksin anti rabies ke puskesmas terdekat yang saat ini masih tidak dipungut biaya alias gratis.

Laporan : Adi Noyan
Editor     : Lobun Hartanto