Kasus Rabies Masih Marak, Disbunak Sanggau Kekurangan Vaksin HPR -->
Cari Berita

Kasus Rabies Masih Marak, Disbunak Sanggau Kekurangan Vaksin HPR

14 August, 2019

SANGGAU seputarkapuas.com,
Masih tingginya laporan korban gigitan hewan penular rabies dikabupaten sanggau membuat dinas perkebunan dan peternakan kualahan dalam melakukan pencegahan penularan dari hewan satu dengan yang lainnya akibat masih nengalami kekurangan obat vaksin pencegah rabies.

Kekurangan ini mengakibatkan pihaknya hingga saat ini hanya melakukan vaksinasi hewan penular rabies secara sporadis disejumlah tempat yang terindikasi hewannya terjangkit virus rabies.

"Hingga saat ini kami hanya memiliki stok Tiga ribuan obat vaksin hewan penular rabies," Ungkap Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Sanggau Syafriansyah Dikantornya Selasa (13/8).

Mantan Sekretaris Dinas Kominfo tersebut menjelaskan, untuk kebutuhan vaksin HPR sendiri dibumi dara nante sekitar berjumlah 32 ribu vaksin sesuai dengan jumlah Hewan Penular Rabies yang tercatat.

"Kebutuhan kita sekitar 32 Ribu Ampul obat vaksin HPR dan saat ini hanya tersedia 3 ribuan saja," Keluhnya.

Menurut Syafriansyah, beragam upaya telah dilakukan untuk mendapat tambahan vaksin anti rabies diantaranya dengan meminta bantuan tambahan vaksin dari pemprov kalbar bahkan dirinya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan tambahan vaksin hewan penular rabies.

Dengan mendapat tambahan vaksin tersebut, Syafriansyah berharap kasus gigitan hewan penular rabies bisa ditekan bahkan dihilangkan diwilayah kabupaten sanggau.

Laporan  : Adi Noyan
Editor      : Lobun Hartanto