7 Juli, Ritual Adat Nosu Minu Podi Dan Mpokant' Podagi Di Betang Raya Dori Mpulor -->
Cari Berita

7 Juli, Ritual Adat Nosu Minu Podi Dan Mpokant' Podagi Di Betang Raya Dori Mpulor

03 July, 2020


SANGGAU seputarkapuas.com,
Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau dijadwalkan menggelar Ritual Adat Mengangkat Semangat Padi dan Memberi Makan Pada Benda Pusaka dalam rangka gawai Dayak Tahun 2020
 dirumah betang Raya Dori' Mpulor Sanggau Selasa 7 Juli mendatang.

Ritual Gawai Dayak Nosu minu podi dan memberikan penghormatan pada leluhur tersebut  dilakukan secara terbatas dan sederhana dalam rangka pencegahan dan sesuai aturan protokol yang ditetapkan oleh pemerintah dimasa pandemi covid 19 saat ini.

"Hari ini sesuai agenda, kami pengurus DAD melakukan rapat persiapan ritual adat mengangkat semangat padi dan mpokant' pedagi dalam rangka gawai dayak tahun 2020 ini," Ungkap Sekretaris Jenderal DAD Kabupaten Sanggau Urbanus usai memimpin ratas DAD Sanggau dirumah Betang Raya Dori' Mpulor Kamis Siang (2/7).

Urbanus menjelaskan, meski gawai besar tahun 2020 ditiadakan DAD tetap melaksanakan ritual sakral yang harus dilaksanakan sebagai tanda pembuka tahun baru dan tanda dimulainya bercocok tanam bagi masyarakat adat Dayak yang ada dikabupaten Sanggau.

"Ritual ini kita lakukan sebagai tanda pembuka tahun masyarakat dayak, karena ini masa pandemi jadi kita lakukan sederhana dan terbatas," Pungkasnya.

Laporan:  Adi Noyan
Editor    :  Lobun Hartanto