Sekjend DAD Sanggau Hadiri Pelaksanaan Nosu Minu Podi Di Dusun Sanjan -->
Cari Berita

Sekjend DAD Sanggau Hadiri Pelaksanaan Nosu Minu Podi Di Dusun Sanjan

07 July, 2020


SANGGAU seputarkapuas.com,
Sekretaris Jenderal Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau Urbanus didampingi oleh Ketua DAD Kecamatan Kapuas Andreas Sisen menghadiri acara pomang Nosu Minu Podi di Dusun Sanjan Desa Sungai Mawang Selasa (7/7/2020).

Meski pesta Gawai Dayak Tidak dilakukan pada tahun ini diakibatkan bencana covid 19, Pomang Nosu minu podi atau memanggil semagat padi tetap dilakukan dalam rangka melanjutkan ritual adat dalam rangka Gawai dayak Kabupaten Sanggau XVI pada tahun 2020.


"Memang pesta Gawai dayak tahun ini tidak kita lakukan namun kegiatan ritual pomang mpokant Podagi dan pomang Nosu Minu Podi tetap kita lakukan dengan protokol kegiatan dalam suasana covid 19 yang ditetapkan pemerintah," Ungkap  Urbanus disela-sela kegiatan Pomang Nosu minu Podi didusun Sanjan Selasa  Pagi.

Urbanus menjelaskan rangkaian acara
Manggil semangat padi ini atau Sengiyang semangat padi ( roh semangat padi) yaitu mengambil semangat padi ini wajib kita lakukan setiap tahun, ini merupakan ritual yang kita lakukan setiap tahun. Sengiyang Semangat Padi atau roh semangat padi ini sudah kita lakukan turun temurun dari jaman nenek moyang, dan semangat padi yang kita ambil atau kita pomang kita bawa ke Jorong yang ada di rumah betang Dori' Mpulor serta kita simpan sampai tahun depan," Pungkas Urbanus.


Laporan:  Adi Noyan
Editor    :  Lobun Hartanto