HUT PMI Ke-75, Pemkab Sanggau Beri Dua Hadiah Untuk PMI Sanggau -->
Cari Berita

HUT PMI Ke-75, Pemkab Sanggau Beri Dua Hadiah Untuk PMI Sanggau

19 September, 2020

Bupati Sanggau  Paolus Hadi Didampingi Wakil Bupati Yohanes Ontot saat menghadiri ulang tahun PMI Sanggau belum lama ini.

Foto : Adi Noyan



SANGGAU seputarkapuas.com,

Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyebut Pemkab Sanggau memberikan dua hadiah spesial untuk PMI Sanggau dalam ulang tahunnya kemarin.


Kedua hadiah tersebut yakni blood bank refrigrator dan  mikroskop diberikan untuk menunjang aktivitas utama kegiatan pengolahan darah yang dilakukan PMI dalam memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat.


"Sebagai Pelindung PMI dan juga Bupati tidak ada memberi hadiah Apa-apa, Cuma ada dua hadiah berupa blood bank refrigrator dan  mikroskop, Karena kita dapat Dana Intensif Daerah (DID),"kata Bupati Sanggau, Paolus Hadi.



Kita, lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu, punya harapan besar PMI ini menjadi sebuah Markas yang bermanfaat bagi masyarakat Sanggau secara khusus dan tentu masyarakat lainya.


"Mengapa Markas ini menjadi penting karena disinilah pusat pelayanannya. Sebagaimana juga Ibu Ketua mudah-mudahan pemerintah daerah bisa membantu untuk menjadikan markas kita ini menjadi markas yang refresentatif,"tuturnya.


Dalam kesempatan ini, PH sapaan akrabnya memohon dukungan pihak-pihak, misalnya melalui CSR nya. "Tahun ini, tadi saya dilaporkan juga sudah mulai kekurangan stok darah. Dalam HUT ini ada satu Minggu kemarin disiapkan untuk pelayanan donor bagi masyarakat, kita hanya bisa dapat 100 kantong,"ujarnya.


Mudah-mudahan, masyarakat Sanggau terutama para pendonor dan kita yang memang sudah waktunya untuk bisa donor, diharapkan agar datang ke PMI Sanggau untuk melakukan donor darah."Karena kita akan memberi hidup untuk orang lain dengan darah kita,"jelasnya.


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menyampaikan bahwa 

Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Sanggau terhadap pelayanan Darah, Maka Bupati Sanggau Hadiahi PMI di hari ulang tahun PMI ke-75. 


"Adapun hadiah dimaksud sesuai dengan kebutuhan mendasar pelayanan darah yaitu blood bank refrigrator dan mikroskop. Kedua alat ini diperlukan untuk menjaga suhu darah yang disimpan di PMI agar darah tidak rusak, kualitas  darah terjamin sesuai standar dan aman saat diberikan kepada pasien,"ujarnya.


Disamping itu juga akan dibangun Gedung Baru PMI Sanggau sesuai standar dan  yang lebih representatif dari gedung yang sekarang. "Sumber anggaran untuk Blood bank dan mikroskop tersebut melalui anggaran 2020 sedangkan pembangunan gedung  melalui anggaran 2021,"jelasnya.


Untuk itulah, Ginting berharap agar PMI juga mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan dampak Pandemi Covid-19 terutama peningkatan layanan kesehatan dalam pengadaan darah sesuai kebutuhan. "Tetap semangat, Dirgahayu PMI ke-75, salam solidaritas untuk kemanusiaan,"tegasnya.


Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau, Urbanus menyampaikan bahwa pada HUT ke-75 PMI kali ini dilaksanakan dengan sederhana di Markas PMI Kabupaten Sanggau yang dihadiri oleh Bupati Sanggau sekaligus pelindung PMI sanggau dan Wakil Bupati Sanggau dan undangan lainya. 


"Terkhusus kata sambutan Pak Bupati yang mengatakan di hari ulang tahun PMI yang ke-75 pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Kesehatan memberikan bantuan Alat-alat laboratorium pada Unit Donor Darah PMI Sanggau,"ujarnya.


Dikatakannya, kondisi gedung Markas PMI saat ini sudah tidak layak lagi ditempati dan kami senang Bupati Sanggau menyampaikan bahwa PMI harus punya gedung baru yang representatif dgn laboratorium yang baik untuk pelayanan kemanusiaan. 


Laporan : Adi Noyan

Editor     : Lobun Hartanto