Langgar Protokol Kesehatan, Warga Dihukum Hormat Bendera Hingga Menyapu Jalan -->
Cari Berita

Langgar Protokol Kesehatan, Warga Dihukum Hormat Bendera Hingga Menyapu Jalan

01 October, 2020

Foto: Warga Yang Kedapatan Tidak Menggunakan Masker Dihukum Menyapu Jalan Raya Hingga Hormat Bendera Kamis (1/10).

SANGGAU seputarkapuas.com,

Bupati Sanggau Paolus Hadi memimpin apel kesiapan penegakan hukum protokol kesehatan peraturan Bupati nomor 47 tahun 2020 di wilayah Kabupaten Sanggau, Kamis (1/10) pagi. Apel yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Sanggau itu dihadiri Wakil Bupati Yohanes Ontot, Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, Kepala Satpol PP Victorianus, seluruh jajaran Forkompimda, sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Sanggau serta tim penegakan hukum yang bertugas di lapangan.

Salah Satu Warga Sanggau Dihukum Untuk Hormat bendera karena kedapatan tidak mengenakan masker saat penerapan perbup 47 dikabupaten Sanggau Kamis 1 Oktober 2020

Bupati Sanggau Paolus Hadi usai apel menyampaikan tepat tanggal 1 Oktober 2020 hari ini, tim yang ditunjuk akan memulai penegakan hukum dilapangan.

"Hari ini tidak ada lagi teguran-teguran, tapi sudah masuk penegakan hukum. Karena sebulan terakhir sosialisasi sudah kita lakukan," kata Bupati.


Bupati menegaskan kepada siapapun yang masih ditemukan tidak mematuhi protokol kesehatan, akan ditindak sesuai peraturan bupati nomor 47 tahun 2020.

"Saya percayakan kepada tim untuk melakukan penindakan. Pro dan kontra di lapangan itu biasa. Lakukan penindakan dengan santun, tapi tetap tegakkan aturan," pesan orang nomor satu di Pemkab Sanggau itu.


Bupati menambahkan, tim penegakan hukum akan bekerja sampai bulan Desember 2020.

"Nanti kita evaluasi apakah dilanjutkan tahun depan atau tidak," pungkasnya. 


Kepada masyarakat, PH sapaan akrab Bupati berpesan agar selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah. Jangan menggunakan masker karena takut ditindak tapi gunakan masker untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar kita dari ancaman tertularnya virus.

"Begitu juga kepada para pengusaha, lindungi masyarakat. Kalau mereka berbelanja makan minum tempat kalian terapkan aturan protokol kesehatan. Kalau tidak nanti kalian para pengusaha dianggap tidak membantu pencegahan Covid-19," tuturnya. 


Saat melakukan penindakan dihari pertama, pelanggar protokol kesehatan diberikan peringatan tertulis. Jika ditemukan orang yang sama melakukan pelanggaran maka akan ditindak tegas dengan memberikan sangsi kerja sosial dengan membersihkan fasilitas umum selama 15 menit. Namun, di Kecamatan Kapuas, dan beberapa Kecamatan lain, pelanggar protokol kesehatan langsung diberikan sangsi tegas berupa kerja sosial membersihkan jalan, bahkan ada yang dihukum hormat bendera merah putih.


Laporan : Adi Noyan

Editor     : Lobun Hartanto